Tuesday, January 1, 2013

Trik Cara Ngemal Hiasan Mushaf

     Pada artikel kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman yaa sekedar iseng awalnya,..mungkin banyak diantara sobat kaligrafer  yang belum tau bagaimana TIPS & TRIK MAL DESAIN HIASAN MUSHAF yang sering digunakan saat lomba MTQ..kalo begitu kita langsung aja ke TEKAPE…
Pada dasarnya teknik pengemalan atau sering disebut mal/pola pada desain mushaf terbagi menjadi 2 cara yaitu yang pertama dengan cara memotong mal/pola tersebut dengan teknik melubangi  dengan ukuran keci l sehingga mudah untk ditiru atau dijiplak dan yang kedua adalah dengan teknik memberikan cairan M3 atau teknik ini sering disebut dengan cara penyablonan. Lebih jelasnya lanjut aja…
CARA PERTAMA

     Ketika desain atau mal/pola sudah jadi kita buat dan yakin karena ALLAH SWT. Bahwa itu telah siap untuk dilubangi  maka cara melubanginya dengan menggunakan pisau catter yang besar atau pun yang kecil  tergantung maunya make yang mana..setelah itu lubangi mal/pola dengan mengikuti alur-alur desain tersebut dengan catatan lubangi dengan sekedarnya saja kira-kira muat oleh  mata pensil dan diberi spasi atau jarak agar mal/pola tidak mudah rusak. Dan  silahkan dicoba.


CARA KEDUA

Cara ini yaitu dengan teknik penyablonan, bagi yang sudah berpengalaman tentunya cara ini sudah tau kannn…yaitu dengan cara menyemprotkan cairan M3 pada kertas lunak/kertas foto copy kemudian mengusapnya  berkali-kali sehingga alur-alur desain tersebut akan menempel pada media kertas yang ingin kita cat. Dan kertas siap untuk kita cat.. 
Demikianlah beberapa teknik Trik Cara Ngemal Hiasan Mushaf yang Alhamdulillah dapat saya share keteman-teman terutama bagi pecinta kaligrafi di indonesia..dengan rendah hati saya mohon maaf jika artikel ini kurang memuaskan bagi pembaca.
Untuk sekedar kritik dan saran sobat sya persilahkan untuk dapat memberi komentar  pada artikel ini…terima kasihh…Salam  


10 comments:

  1. sukron. triknya

    ReplyDelete
  2. syukron,,,,,! lok untuk alat tulis nya pake pa bg,,,? spidol ea bg?

    ReplyDelete
  3. ma kasih ea bg,,,,! lok alat tulis nya pake pa bg,,,,, spidol ea bg?

    ReplyDelete
  4. syukron,,,,,! lok untuk alat tulis nya pake pa bg,,,? spidol ea bg?

    ReplyDelete
  5. syukron,,,,! lok tuk alat tulisnya pake pa bg,,,, spidol ea?

    ReplyDelete
  6. syukron,,,,! lok tuk alat tulisnya pake pa bg,,,, spidol ea?

    ReplyDelete
  7. Saya ingin mengerti banyak tenttang cara ngemal seperti ini. Tapi saya belum mengerti seara detailnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin harus praktek dan langsung mencoba baru paham ,.slahkan coba

      Delete