Sunday, January 6, 2013

Tips Pencampuran Tinta Hiasan Mushaf

Assalamualaikum WR.WB
Tinta bagaikan amunisi buat para kaligrafer, tanpa adanya peran tinta yang baik maka sngat berpengaruh pada tulisan kaligrafi yang akan ditulis oleh sang kaligrafer. Tehnik pencampuran dan pengoplosan tinta sangat penting disaat kita akan menulis kaligrafi. Tingkat kenyamanan harus kita peroleh disaat menggores agar kita tidak merasa bosan untuk menulis kaligrafi. Perawatan tinta juga sangat berpengaruh dalam keawetan tinta tersebut.
Pada artikel kali ini saya mencoba berbagi sedikit trik bagaimana cara mengoplos  tinta yang akan kita gunakan untuk menulis kaligrafi hiasan mushaf dengan hasil  yang lumayan maksimal hitam dan pekat.

Dengan Cara ini tentunya sudah pernah saya coba dan saya gunakan setiap saya akan menulis kaligrafi, atau pada saat lomba  Musabaqoh Khottil Quran pada MTQ.
Langsung saja,bahan yang perlu dipersiapkan yaitu:
1    .       persiapkan wadah/tempat tinta berukuran sedang kira-kira sebesar  tabung rol film
2    .       kemudian siapkan benang secukupnya
3    .       tinta produk cina
4    .       tinta rotring

Pertama kita masukkan benang kedalam tabung roll film kemudian masukkan tinta cina secukupnya. Kemudian step terakhir masukkan sedikit tinta rotring kir-kira 2 sampai 3 kali semprotan dan tinta siap digunakan untuk menulis kaligrafi pada hiasan mushaf.

Gan  kenapa harus dicampur dengan tinta rotring lagi padahal dengan tinta cina aj sudah cukup??? Nah pertanyaan yang bagus, emang betul gan pake tinta cina aja cukup bagus tapi ketahanan dan kekuatan tinta kurang teruji.  Biasanya setelah kita menulis itu tinta terkadang kurang melekat nah pada saat mau menghapus seketan huruf itu dikhawatirkan tintanya ngikut dipenghapusnya, dan karya menjadi tidak maksimal. Jadi pada intinya kenapa pake tinta rotring  supaya tintanya menempel lebih kuat.

Artikel ini didedikasikan kepada sobat-sobat yang berkecimpung di dunia perlombaan kaligrafi khususnya pada MTQ. Sekian sedikit tips dari saya semoga bermanfaat,.terima kasih wassalamm..







3 comments:

  1. pertanyaan:.... kenapa saat menulis dgn bambu, tidak banyak (panjang)huruf yg dapat tertulis. sebanayk apakah goresan yang dihasilkan saat menulis dgn bambu?

    ReplyDelete